Mission 1: Membuat Gulab Jamun (Indian Dessert)

       Sekitar sabtu 2 minggu lalu, “Ka Pus” seorang teman seperguruan dari kelas Kathak Dance nge-chat di WA, dimana disitu Ka Pus bilang:

“Eh iya aku bawa Gulab Jamun nanti cobain yaa.”

     “Gulab Jamun, apaan tuh? Gula Jawa?? mungkin yg makanan gula2 merah berkacang itu kali., haha”

        Pas sampai tempat les, saya langsung bilang sama Ka Pus: “Mana gula Jawanya Ka?.  Ka Pus bilang gula Jawa?? Gulab Jamun kali. Gulab Jamun itu makanan India.”  Pada saat itu saya benar2 lupa kalau Ka Pus level ke-Indiannya sudah level Advanced makanya saya sama sekali ngak “Ngeh” kalau Gulab Jamun itu makanan India. haahaha.

          Seusai latihan  saya pun mencicipi Gulab Jamun buatan Ka Pus.  First impression, tampakan klinisnya mirip kolak biji salak, sedangkan rasanya mirip kue nastar tapi lebih padet *yummy & cocok bgt untuk hidangan buka puasa*, tapi yg ini basaah karena ada kuahnya, dan menurut saya yang gak suka makanan maniss, itu udah maniss banget, tapi kata Ka Pus kata orang india beneran yg udah nyicipin segitu kurang manisss.. o>O.. LOL

Kira-kira beginilah Tampakan Klinis Gulab Jamun made by Ka Pus

IMG-20140215-WA0002

         Resep Gulab Jamun by Ka Pus hanya bikin adonan dari susu (dancow full cream) atau bs juga yg lain, mentega, terigu dengan perbandingan 3 (susu):1(mentega dan terigu), dibuat adonan sampai lembut kemudian digoreng.  Sedangkan sirupnya merupakan campuran dari gula dan kapulaga.  Menurut penuturan Ka Pus dia juga pernah beli bahan Gulab Jamun instan di supermarket India namun gagal bikin adonannya, makanya dia lebih suka pakai bahan sendiri.

      Nah saya lgs mikir kok kyknya sederhana ya? dan tetiba saya tertarik untuk mencobaa bikin Gulab Jamun sekalian meningkatkan level ke-Indiaan saya 😀. Mari kita lihat kemampuan tangan dingin dan keberuntungan saya dalam membuat makanan India,,hahaha

Misi dimulai…..

       Pertama-tama saya searching di google mengenai Gulab Jamun dan mendaratlah saya di situs ini http://www.madhurasrecipe.com/desserts/Gulab-Jamun

  Chefnya bernama Madhura menjelaskan mengenai bahan-bahan dan pembuatan Gulab Jamun, menurut versi Madhura bahan untuk membuat Gulab Jamun adalah sebagai berikut:

Untuk Sirup Gulanya

  • 1 1/2 cup gula
  • 1 cup air
  • 1/4  sendok teh bubuk kapolaga
  • 1 sendok teh jus lemon
  • 2 tetes rose essence

Untuk Gulab Jamunnya

  • 1/2 cup susu bubuk non-fat
  • 1 sendok makan clarified butter
  • 1 sendok makan tepung suji
  • 1 sendok makan maida (All purpose flour)
  • 2 sendok makan susu hangat (apabila perlu)
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh jus lemon

     Nah ada beberapa bahan yang susah saya dapatkan nih diantaranya tepung suji atau semolina.  Tepung suji ini merupakan jenis tepung  Whole Wheat Flour dan contoh merek dipasaran yaitu Taj Mahal dari Bogasari.  Akan tetapi, dengan bahan seadanya saya tetap iseng2 buat dengan cara yg sama dgn Madhura dan bahan-bahan sebagai berikut:

Untuk Sirup Gulanya

  • 1/2 cup Gula Pasir (Gulanya saya kurangi karena saya menggunakan susunya Full Cream, sedangkan Madhura Non-Fat *psst susu Non Fat MAHAL, LOL*
  • Air secukupnya
  • Kapolaga secukupnya (Kapolaga ini sangat menyengat, jadi saya gak taruh banyak-banyak lol)
  • 1 sendok makan  perasan jeruk lemon

Untuk Gulab Jamunnya

  • 8 sendok makan susu bubuk Full Cream
  • 1 sendok makan margarin (Madhura menggunakan butter).  Perbedaan margarin, mentega, butter, roombutter dapat dilihat di link di bawah ini.
  • 1 sendok makan tepung Hard Wheat (Cakra Kembar Bogasari tanpa ditambah dengan tepung suji.  Madhura  menggunakan tepungnya yg All Purpose/ Medium Wheat (Kandungan proteinya medium) kemudian dia tambah lagi dengan tepung suji/semolina.  Sedangkan saya hanya menggunakan tepung Hard Wheat (Cakra Kembar dengan asumsi tepung Hard Wheat ini sifatnya dan fungsinya nyerempet hampir sama dengan tepung suji yaitu sama-sama menyerap air dan kandungan proteinnya pun sudah tinggi jadi gak apa2 gak ditambah tepung suji lagi hahaha #sotoy.
  • 2 sendok makan susu hangat/ seperlunya (Buat bikin adonan jadi moist)
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 2 sendok teh perasan jeruk (suka2 kamu yg penting kita sama2 suka.lol)

ps: karena ini masih Trial and Error saya gunakan bahan untuk porsi Smurf (Kurcaci) lol

Proses pembuatan dimulai 😀

1.  Pertama-tama saya persiapkan dahulu semua bahannya

IMG_2642

2.  Proses pembuatannya saya mengikuti video Madhura <— klik disini

  • Saya mencampurkan susu bubuk, tepung terigu, dan baking soda terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan mencampurkan margarin + perasan jeruk lemon. Menurut Madhura perasan jeruk lemon, baking soda + susu akan membuat struktur gulab jamun spongi dan mengembang.
  • Setelah itu saya tambahkan sedikit susu hangat agar teksturnya moist.
  • Adonan kemudian saya resting sekitar kurang lebih setengah jam hahaha (udah saya tinggal nonton tv, tapi kok kyknya gak ngembang2, malapetaka!!!),  tetapi akhirnya saya lanjut saja lol.
  • Adonan kemudian saya buat bulatan-bulatan haha
  • Untuk sirupnya gula pasir + air saya didihkan dengan medium heat, setelah mendidih saya tambahkan kapolaga dan perasan lemon (menurut Madhura perasan lemon berfungsi agar sirup tidak mengkristal)
  • Setelah sirup selesai saya pun mulai menggoreng bulatan Gulab Jamunnya dgn medium heat, dan disini Tanda-Tanda Malapetaka pun terlihat,,lol

Adonannya terlihat terlalu lembek banget, bahkan pas ditaruh di penggorengan pinggirannya ada yg pecah T__T. LOL.  Kemudian saya menggorengnya sekaligus sehingga agak kerepotan membolak balik gulabnya.  Ada yg udah gosong bgt ada yg masih coklat,  bahkan ada yg item banget bak orang Kenya, ceritanya temanya live in diversity  LOL.   Maximal malapetakanya adalah Gulab Jamun saya kempyot banget, kempes dan lembek hahahaha

Saya pun akhirnya memberanikan diri untuk mencoba.  Untuk sirupnya si Oke, malah kata Ibu rasanya enak, tapi Gulabnya,, hahaha, rasanya si *masih bs diterima lidah*,  tapi strukturnya itu loh kempyot kempes lembek dan item 😀 😀

Kira-kira penyebabnya apa yaaaaa????? T.T

Dengan ini saya nyatakan:

MISSION 1 FAILED

Stiker Line James

Semoga saya bisa lebih sukses di misi selanjutnya yaitu Membuat SAMOSA 😀

Stiker Line 2

See ya

Link-link terkait:

http://www.madhurasrecipe.com/desserts/Gulab-Jamun

http://www.cakefever.com/perbedaan-margarin-mentega-butter-dan-roombutter/#axzz2uCkMSbpA

http://resepmasakanpraktis.com/belajar-baking/baking-powder-apakah-sama-dengan-baking-soda/

http://infodari.com/macam-macam-tepung-dan-kegunaannya/

14 thoughts on “Mission 1: Membuat Gulab Jamun (Indian Dessert)

  1. Primer sayong….saran aq sih gk perlu pakai perasan lemon, krn kandungan lemon itu sendiri yg kemungkinan membuat adonan jd kacau + item (ko serem amat ya) 😀
    cukup dgn susu cair u/buat adonannya moist.
    Dan u/goreng gk perlu terlalu lama, cukup dgn minyak panas+gulabnya terendam ajha. Yaah kira kira 1 menit ajha lgsg angkat, krna stlh diangkat gulabnya akan berubah warna. Kl terlalu lama dlm minyak panas begitu diangkat akan lebih hitam lg hehehe
    Insallah aq bawakan resepnya ya (resep menurut aq) 🙂
    Bahut Danyavaad

    Liked by 1 person

Share your thought, idea, or question here! Thank You!

