Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Bakteri

            Merupakan salah satu agen penyebab terjadinya karies gigi.  Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan gigi apapun *terkecuali emergency banget*, sebaiknya penting melakukan tindakan untuk mengeliminasi bakteri/ virulensi dari mikroflora rongga mulut.  Di dalam literatur disebutkan kontrol infeksi adalah langkah utama dalam menangani karies gigi.  Hal inilah yang harus dipahami pada masing2 individu (pasien) dan juga operator. Jadi apabila pasien datang untuk ditambal akan tetapi disertai Karang Gigi yg SEBESAR BONGKAHAN ES TITANIC dan OHIS yg BURUK wajib banget dilakukan SUPER  DHE dan Scalling..lol

Titanic Iceberg

Titanic Iceberg

Dental Calculus

Dental Calculus. hiiii LOL

Upaya Meningkatkan Kebersihan Gigi dan Mulut

Menyikat Gigi

  • Sikat gigi yang digunakan disesuaikan dengan kondisi rongga mulut individu dan memperhatikan potensi kesulitan dalam pengunaannya.  Pada umumnya pilihlah sikat gigi yang berbulu lunak, agar tidak mengiritasi dgn bahan nylon soft atau medium, memiliki bulu yang berbentuk straightcut/round end dalam jajaran 3 atau 4 jalur.  Sikat gigi elektrik cukup tepat pada pasien dengan gangguan sendi dan otot.
  • Pilihlah pasta gigi berflouride
  • Gunakan Dental Floss (Benang Gigi) atau Sikat Interdental (untuk permukaan gigi yg luas) untuk membantu membersihkan sisa makanan yang terselip pada sela-sela gigi. How to use Dental Floss!
  • Waktu menyikat gigi yang dianjurkan: Pagi setelah sarapan, malam sebelum tidur.  Akan tetapi, hal ini tidaklah mutlak.  Waktu menyikat gigi dapat ditambahkan pada kasus2 seperti karies rampan maupun pasien dengan risiko karies tinggi.
  • Metode Menyikat Gigi: Metode penyikatan diklasifikasikan sesuai dengan macam gerakan yang ditimbulkan oleh sikat-sikatnya.  Diantara metode2 tersebut metode BASS merupakan yang paling banyak dianjurkan.

Metode Bass

  • Pegang sikat dengan bulu sikat menghadap gusi.  Letakkan bulu sikat di tepi gusi dengan sudut 45 derajat terhadap sumbu panjang gigi. Pada gigi depan atas lakukan gerakan penyikatan dari atas ke bawah *gerakkan vertikal* ( dari gusi ke arah gigi).  Pada gigi depan bawah lakukan gerakan penyikatan dari bawah ke atas *gerakkan vertikal (dari gusi ke arah gigi).  Lakukan kurang lebih sebanyak 8x
  • Untuk gigi belakang atas dan bawah, lakukan gerakkan lurus/ memutar dari gusi ke gigi lakukan kurang lebih sebanyak 8x.
  • Sikat bagian atas gigi (bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah) dengan gerakkan horizontal, lakukan kurang lebih sebanyak 8x.
  • Tegakkan bulu sikat, hingga bulu sikat dapat menjangkau bagian dalam gigi. Sikat dan bersihkan semua bagian dalam gigi atas dan bawah, gerakkan dari dalam ke luar.
  • Sikat bagian atas dan bawah lidah.

How to brush your teeth with Bass Method

  1. http://www.youtube.com/watch?v=gk8eKm4ajgM
  2. http://www.youtube.com/watch?v=fHXOPun1cOs

Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik dapat digunakan untuk mengurangi jumlah bakteri dalam rongga mulut, dan menurut penelitian obat kumur yang mengandung chlorhexidine gluconat lebih efektif, walaupun perlu dicatat bahwa penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan stain atau noda pada gigi.  Penggunaan obat kumur dengan konsentrasi alkohol tinggi dan digunakan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan dehidrasi jaringan mukosa.  Obat kumur yang mengandung antiseptik dapat digunakan untuk membantu mengurangi bakteri plak yg tidak dapat dibersihkan dengan tuntas dengan pembersihan secara mekanis.  Obat kumur yang paling sederhana adalah air garam hangat.

Akibat Salah Prosedur Pemeliharaan dan Perawatan Gigi Mulut ….

tooth brush abrasion

Abrasion

gigisensi3

Dengan kebersihan gigi dan mulut yang baik tentunya akan mencegah dan mengurangi risiko terjadinya karies gigi (Gigi Berlubang) serta penyakit gigi mulut dan lainnya.  Jangan lupa kontrol ke Dokter Gigi minimal 6 bulan sekali.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”

———————the end——————-

Sumber:
Bahar, Armasastra. Paradigma Baru Pencegahan Karies Gigi. Lembaga Penerbit  FEUI, 2011
Prayitno, S.  Petunjuk Pengisian Status Pasien Bagian Periodontologi FKG UI
Fedi, Peter., Vernino, Arthur., Gray, John.  Silabus Periodonti. EGC. 2005
Advertisements

7 thoughts on “Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

  1. Pingback: Cute,Tiny Tooth Brochure | The Toothless Mind

Share your thought, idea, or question here! Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s