Co-Ass Life

Gak terasa banget sudah penghujung tahun 2013 yaa *perasaan baru kemarin sidang S1*T___T itu artinya hanya sekitar 2 bulan lagi masa2 koas di integ 2 ..dan sekitar 1 bulan lagi kalau mahu nguber Yudisium LOL

Mari kita mengikuti alur film india yang sering maju mundur,,lol–> Tahun 2012 di bulan februari,1 angkatan (kurang lebih 109) dikumpulkan utk mengucapkan dan menandatangani sumpah sebagai koas *udah lupa isinya apa,LOL*.

Kemudian dari satu angkatan itu dibagi dua (lingkar dalam dan sisanya lingkar luar). Lingkar dalam itu ya klinik Integrasi di Rsgmp Salemba dimana disitu kita mengerjakan kasus2 gigi dan mulut secara terintegrasi lengkap dengan Requirement berbagai departemen yang harus dipenuhi untuk bs lulus jd drg.  Departemen2nya terdiri dari Prosto (yang ngurusin pembuatan gigi tiruan beserta pernak2 perniknya), Perio (mengenai jaringan penyangga gigi cth: gusi), Konservasi (sesuai namanya yaitu mempertahankan gigi semaksimal mungkin, tentunya dengan perawatan2 gigi seperti restorasi dan Perawatan Saluran Akar), Ortho (Kawat Gigi), Bedah Mulut (pencabutan gigi). Lingkar dalam ini waktunya kurang lebih 8 bulan.

Sedangkan lingkar luarnya *yang disebut masa hura2* lol terdiri dari

  • Stase RSUT Tangerang: ini stase pertama saya di masa lingkar luar.  Stase ini enak banget karena deket dari rumah.. *bisa bolak balik dan sering pulang*.  Di stase ini kita satu kelompok menempati satu asrama kecil bareng residen BM dan kerjanya ikut jaga malam di IGD bareng anak FK (ngerjain jahit, pasang cateter, infus, visit, laporin ke residen kalau ada kasus BM dll. Yang paling seru dari jaga malam *walaupun ngantuk bgt* sering ketemu pasien yang seru dan aneh2. Paling sering tentunya pasien kecelakaan atau tawuran, CKB dll.  Ada juga suspect kesurupan dan yang aneh lagi nenek2 yang kupingnya kemasukan kecoak,,LOL.  Biasanya jaga malam ini sampai jam 3 pg, walaupun terkadang kalau lagi sepi pasien, jam 1an udah kabur dari TKP balik ke asrama buat bobo,, zzz,,LOL.  Paginya *dengan mata kantung kyk snoopy* ikutan poli gigi dan poli BM bareng drg2 RSUT dan bs ikut jadi asisten OK kalau kebetulan ada kasus ^^.  Kalau sedang tdk bertugas utk jaga malam,visit atau jaga pagi IGD *khusus weekend* ya bs pulang atau jalan2 de,,lol. Di stase ini juga tidak ada ujian masuk maupun keluar,,,:p
  • Stase BM RSCM: Stase ini masih dalam naungan BM.  Disini kita bertemu lagi dengan residen2 BM, jadi asisten atau terkadang juga mengerjakan ekstraksi apabila diijinkan.  Jam operasionalnya dari sebelum residen atau drg datang sampai mereka pulang atau sampai pasien habis, sedangkan pasien di RSCM itu bejubel byknyaa,,lol
  • Stase Radiologi: Disini kita belajar banyak banget tentang teknik maupun teori pemotretan, sampai pencucian, interpretasi foto (11 kasus) dll. Ada ujian masuk dan keluar pada stase ini.  Yang paling serem adalah 1 bulan setelah stase ini, semua requirement radiologi kita harus diselesaikan, kalau tidak dianggap hangus dan ulang dari awal.. meoww :p
  • Stase Public Health: Stase ini biasanya berpusat di Puskesmas Serpong, Rawa Buntu, dan Depok. Nah disitu kita bikin usaha kesehatan gigi sekolah di SD tepat disamping Puskesmas beserta screening utk menghitung dmftnya, bisa juga bikin program untuk posyandu dan posbindu.  Ada ujian keluar OSCE dan SOCA Pada stase ini.
  • Stase Pedo: Nah ini stase paling serem dari lingkar luar,,lol, karena kali ini kita menghadapi anak2 yg pada dasarnya takut ke drg. Padahal anak2 juga mimpi buruk buat drgnya *kyknya..LOL. Pada stase ini kita dituntut mnyelesaikan semua requirement dalam waktu 1,5 bulan saja.. :p.  Pada dasarnya semua bergantung pada anak,ortunya si anak/ sekolah dan gurunya, dan kita sendiri sebagai operator.  Apalagi  kalau hoki gede dapet anak yang berani *kasusnya sesuai yang dibutuhin* dan gak rese pasti bisa kelar.
  • Stase OM (Penyakit Mulut): Disini kita belajar dari diagnosis2 OM berdasarkan anamnesa pasien sampai rencana perawatannya, pemeriksaan dan rujukan.  Setiap harinya diisi dengan kegiatan tebak2 khan foto dimana kita dikasih foto dan harus bs anamnesa diagnosis dan menentukan rencana perawatannya, isi loggbook dan jaga RSCM utk Poli OM–> cari kasus kemudian dipresentasikan.  Di stase ini ada ujian keluar berupa soca dan ujian lisan bersama drg OM *masing2 anak dikocok, jadi gak tahu dapet pengujinya siapa*

Setelah masing2 stase (1,5 bulan setiap stase) dilalui kemudian semua balik ke integ untuk menyelesaikan requirement2 yang dahulu tercecer dan kebetulan saya sedang dalam masa ini. Mengingat waktunya sudah sangat tipis, *2 requirement konser belum dikerjain, belum ujian perio dan prosto LOL* semoga bs terkejar sehingga tidak usah bayar semester lagi.. AAMIIN.

 

Advertisements

7 thoughts on “Co-Ass Life

  1. Adik saya, 7 th, didiagnosis ADHD, kl kata dokter gigi dkt rumah saya anak hiperaktif kadang tdk sensitif bius lokal jd dosisnya hrs lbh besar, benar g mbak infonya?

    Like

  2. hmm menurut saya karena yang hiperaktif itu anaknya bukan “giginya”, dosisnya ditambah kemungkinan tdk efektif. Ada baiknya penanganan anak hiperaktif harus memperhatikan mengenai riwayat medis, tingkat kooperatif dll mbak. Jadi harus ada kerjasama antara orang tua, dokter umumnya, dan juga dokter gigi. Dalam dunia KG sendiri manajemen tingkah laku anak dapat berupa non farmako maupun farmako. Dalam kasus2 yang berat cth ADHD yang sulit dikontrol mungkin bs dilakukan sedasi mbak.

    Like

  3. mbak, kalo saraf giginya sensitif gara2 ada rongga antar gigi bagian bawah (padahal giginya rapih) itu gmn yah?sempet tanya sama dokternya itu g bs diapa2in cm disuruh kumur2 aja pk mouthwash. bener g ada cara lain yah? trus, mouthwash itu bagus g sh krn saya pribadi pake tp kok bikin di sela2 gigi jd kekuningan?thx

    Like

    • dokternya tdk mnyarankan utk didescent? mungkin perlu lihat langsung kondisi gigi mbak biar jelas. Mouthwash bs membantu pembersihan plak pada gigi, akan tetapi memang dalam penggunaan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan staining/ noda pada gigi

      Like

Share your thought, idea, or question here! Thank You!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s